Kulit Sehat: Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

Kulit Sehat: Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami - Punya kulit wajah berminyak mungkin tidak membuat penampilan menjadi begitu buruk, namun kulit yang berminyak dapat membuat jerawat lebih mudah tumbuh karena minyak kulit/ sebum beserta sel kulit mati, dan bakteri dapat membuat pori-pori kulit tertutup yang pada akhirnya megakibatkan tumbuhnya jerawat baru. Untuk mengatasi kulit berminyak anda perlu mengetahui terlebih dahulu faktor penyebabnya kemudian dilanjutkan dengan melakukan beberapa perawatan khusus untuk wajah berminyak, untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini:
Faktor Penyebab Wajah Berminyak
Cuaca yang panas merupakan faktor penyebab utama kulit menjadi lebih mudah berminyak, namun beberapa faktor lainya seperti produk kecantikan, obat, dan genetik juga berpengaruh terhadap kondisi kulit anda, berikut beberapa faktor utama penyebab wajah berminyak yang perlu kalian perhatikan:
1. Produk kecantikan yang digunakan
Saatnya Anda lebih memperhatikan kandungan dalam produk kecantikan yang Anda gunakan secara rutin. Banyak wanita yang tak sadar, produk tertentu justru akan membuat kulit wajah semakin berminyak. Hindari produk kecantikan yang terlalu berat untuk wajah Anda agar kulit dapat lebih bernafas secara efektif dan mengurangi produksi minyak berlebih. Saat Anda membeli produk kecantikan, pilih yang bebas minyak dan terasa ringan di kulit.

2. Cuaca
Cuaca sebenarnya tidak terlalu banyak berpengaruh terhadap aktivitas kelenjar keringat. Tapi di cuaca yang panas dan lembab, kulit jadi lebih cepat berminyak dan terasa tidak nyaman ketimbang cuaca dingin. Agar kulit tampak matte dan make-up bertahan lama di cuaca panas, gunakan primer atau dasar make-up dengan formula mattyfing yang membantu menyerap minyak dan mengurangi kilap.

3. Terlalu sering membersihkan wajah
Mengagetkan bukan, bahwa membersihkan wajah sering-sering justru dapat berdampak buruk pada kulit wajah. Saat wajah dibersihkan, kelenjar minyak justru akan memproduksi minyak untuk melindungi lapisan kulit untuk menyeimbangkan tekstur kulit yang menjadi kering saat dibersihkan. Saat mencuci wajah, Anda disarankan menggunakan pembersih wajah yang lembut di wajah dan jangan menggosok terlalu keras saat mengeringkan wajah.

4. Tanning
Proses tanning atau pewarnaan kulit punya efek buruk bagi produksi kulit. Meskipun pada awalnya kulit menjadi kering setelah tanning, namun tubuh akhirnya mengeluarkan minyak berlebih.

5. Gen
Setiap wanita lahir dengan gen keturunan yang berbeda-beda tanpa bisa memilih. Jumlah kelenjar minyak dan tingkat produktivitasnya adalah hal yang rumit, bersifat spesifik dan berbeda-beda bagi setiap wanita. Jadi, kondisi kulit Anda pada dasarnya juga bergantung pada faktor genetis.

6. Obat-obatan
Sedang sakit dan mengonsumsi obat-obatan? Bisa jadi wajah mengeluarkan minyak berlebihan karena konsumsi obat-obatan tersebut. Coba konsultasikan masalah itu pada dokter.

7. Hormon
Siklus menstruasi juga sangat berhubungan dengan kondisi kulit seorang wanita. Siklus hormon bulanan yang mengalami fluktuasi dari minggu ke minggu akan meningkatkan aktivitas produksi minyak pada kulit wajah dan kulit kepala. Perhatikan saat-saat dimana Anda merasa kulit lebih berminyak dari biasanya, sebab bisa saja hal tersebut disebabkan oleh siklus hormonal bulanan.

8. Genetik
Coba perhatikan wajah orang tua dan anggota keluarga yang lain. Jika kebanyakan dari mereka memiliki wajah berminyak, bisa jadi penyebabnya adalah karena gen yang diturunkan.

9. Konsumsi makanan berminyak
Bukan rahasia bahwa makanan seperti makanan yang digoreng yang mengandung minyak tak jenuh akan berakibat langsung pada kulit wajah. Ternyata bukan jenis makanan itu saja, namun makanan yang mengandung susu juga dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori karena minyak. Makanan dairy mengandung hormon natural yang memancing produksi minyak pada kulit. Jika tak ingin kulit Anda berminyak, hindari juga makanan olahan dengan kadar gula dan karbohidrat tinggi.

Cara Merawat Wajah Berminyak
Berikut beberapa perawatan wajah yang disarankan oleh ahli kecantikan untuk jenis wajah berminyak:
1. Pelembab
Seseorang dengan wajah berminyak cenderung menghindari pemakaian pelembap karena khawatir menyebabkan kulitnya makin tampak berminyak. Padahal seorang dermatologis menyarankan bahwa wajah berminyak juga butuh pelembap. Untuk menghindari kulit tampak berminyak, gunakan pelembap yang tidak mengandung minyak dan aplikasikan secara tipis pada bagian-bagian sering munculnya minyak.

2. Kertas Minyak Untuk Wajah
Kertas minyak adalah salah satu produk yang menjadi teman bagi orang yang berwajah cenderung berminyak. Penggunaan kertas minyak dianggap lebih praktis karena dapat digunakan untuk menyerap kelebihan minyak tanpa perlu membersihkan wajah dahulu.

 3. Liquid peel
Ini yang menjadi andalan dalam pembersih wajah. Peeling berbentuk cairan ini, bisa membersihkan wajah selayaknya scrub. Sehingga bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat wajah menjadi kusam. Tapi, peeling ini jangan digunakan setiap hari, cukup 3 hari sekali.

4. Miscellar water
Jenis pembersih satu ini sedang menjadi tren di kalangan beuty enthusiast. Pasalnya dianggap lebih ampuh dalam mengangkat kotoran pada wajah, sehingga bisa mencerahkan dan melembabkan wajah sekaligus.

Krim malam
Beberapa perawatan wajah berminyak juga membutuhkan penggunaan krim malam. Sebab malam hari kulit juga bekerja untuk meregulasi kandungan air dan minyak pada wajah.

5. Facial foam
Setelah membersihkan wajah, jangan lupa mencucinya dengan facial foam. Supaya wajah kamu lebih bersih. Apalagi sehabis menggunakan makeup. Pilih sabun cuci muka untuk wajah berminyak. Kemudian jangan malas mencuci muka dengan sabun tersebut dua kali dalam sehari.

6. Cleansing oil
Cleansing oil bisa dipakai setelah menggunakan makeup yang terlalu tebal. Kamu bisa menggunakannya saat akan tidur untuk membersihkan sisa make up yang tebal..

7. Foreo luna
Ini merupakan sebuah alat pembersih berupa sikat halus dan lembut yang menggunakan mesin elektrik. Jadi bisa lebih maksimal untuk membersihkan wajah kamu.

8. Makeup remover
Khusus untuk kamu yang kesehariannya mengenakan makeup, remover ini berfungsi menghapus sisa makeup yang masih menempel di wajah. Usahakan memilih remover non-alkohol, supaya tidak perih ketika mengenai mata.

9. Masker wajah
Kenakan masker pada area-area wajah yang berminyak untuk membantu membersihkan pori dan mengeringkan minyak. Namun hindari mengoleskannya terlalu sering, terutama pada area yang tidak berminyak, karena justru dapat menyebabkan kulit kering.

Cara Alami Merawat Wajah Berminyak
Cara alami merawat kulit wajah berminyak adalah dengan menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami, bahan alami yang digunakan umumnya mengandung nutrisi dan zat aktif yang dapat menenangkan kulit, mengangkat minyak berlebih, dan mampu mengurangi produksi minyak berlebih.
1. Masker lidah buaya
Lidah buaya dianggap bisa menyembuhkan atau mengobati luka sayat, infeksi, dan luka bakar. Selain itu, bahan utama masker wajah untuk kulit berminyak yang satu ini juga dinilai efektif mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Untuk membuat masker antikulit berminyak ini, Anda cukup melakukan langkah mudah di bawah ini:

Potong-potong daging lidah buaya dan tekan hingga mengeluarkan cairan kental. Oleskan cairan tersebut secara merata ke wajah dan diamkan hingga kering. Setelah mengering, bilas wajah dengan air dingin hingga bersih. Ulangi setiap dua atau tiga kali sehari.

2. Masker Teh
Anda bisa menggunakan teh hijau maupun teh hitam untuk membantu mengatasi problem kulit berminyak. Celupkan kapas pada setengah cangkir teh hijau atau teh hitam. Pilah kapas menjadi beberapa bagian dan tempelkan di wajah. Masker teh ini mampu menjaga kulit dari masalah jerawat dan kulit kusam.

3. Masker Lemon
Jangan heran bila lemon sering digunakan dalam berbagai kosmetik untuk kulit karena kandungan vitamin A, C, B1-B3 nya mampu membuat kulit nampak sehat dan terawat. Campur perasan lemon dengan putih telur kocok selama 10 menit dan bilas untuk mendapatkan kulit yang segar dan tidak seperti kilang minyak.

4. Masker Timun
Ada cara menyenangkan dan hemat dalam membuat masker timun. Anda bisa memblender setengah buah timun dengan 4-5 lembar daun mint dan stau cangkir air. Ambil sarinya, lalu celupkan beberapa lembar kapas. Peras dalam kondisi kapas tetap pipih dan tempelkan di bagian-bagian wajah. Anda bisa menggunakan sisa sarinya untuk dicelupi kapas dan simpan kapasnya dalam kantung plastik yang diletakkan di kulkas. Anda juga bisa memanfaatkan airnya untuk dijadikan spray wajah. Baca: Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Benar.

Kulit Sehat: Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar