Cara Menghilangkan Bau Kaki Menyengat Secara Tradisional

Cara Menghilangkan Bau Kaki Menyengat Secara Tradisional - Bau menyengat di kaki sering sekali dialami oleh mereka yang keseharianya menggunakan sepatu, beberapa faktor dapat menjadi penyebab utama kaki menjadi bau, namun kebersihan menjadi faktor penyebab utama, jarang mencuci kaki dan sepatu menyebabkan bakteri mudah tumbuh dan berkembang biak yang pada akhirnya membuat kaki menjadi bau.

Untuk mengatasi bau kaki menyengat hal yang pertama dilakukan pastinya menjaga kebersihan kaos kaki dan sepatu, kemudian dilanjutkan dengan merawat kaki. Untuk merawat kaki yang bau anda tidak cukup hanya mencuci sekali dua kali, perawatan berkelanjutan perlu dilakukan guna memastikan bakteri yang menempel pada kaki benar-benar hilang.
A. Penyebab Bau Kaki
Kenapa sih seseorang bisa memiliki bau kaki yang menyengat? Tubuh manusia terututp oleh kelenjar yang mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi ketika cuaca panas. Beberapa bagian tubuh memiliki konsentrasi kelenjar keringat yang lebih tinggi ketimbang bagian tubuh lainnya. Dan kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak memiliki kelenjar keringatnya. Saat berkeringat, kaki jadi lembab, menyebabkan bakteri mudah tinggal, hidup serta berkembang di dalamnya. Saat bakteri-bakteri ini berkumpul, mereka akan mengeluarkan gas berbau menyengat yang akhirnya membuat kaki menjadi bau tidak sedap.
1. Memakai sepatu yang tidak pernah dicuci
2. Memakai sepatu dengan ukuran terlalu sempit hingga kaki tidak bisa 'bernafas'
3. Adanya luka pada kaki hingga menimbulkan infeksi
4. Tidak rajin merawat dan membersihkan kuku kaki
5. Menggunakan kaos kaki basah

B. Tips Menghilangkan Bau Kaki
Untuk menghilangkan bau kaki memang tidak mudah, karena berkaitan dengan keringat, sel kulit mati dan bakteri. Namun Anda bisa meminimalisir bau dengan cara yang terbilang mudah. Berikut beberapa tips mudah cara menghilangkan bau kaki:

1. Gunakan antipespirant atau foot spray sebelum memakai sepatu. Sama halnya dengan kaus kaki anti bakteri, produk foot spray saat ini telah banyak beredar di pasaran. Produk foot spray biasanya mengandung alumunium klorida yang mampu menghambat produksi keringat pada kaki dan foot spray juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri sehingga dapat menekan bau tidak sedap pada kaki sobat.

2. Gunakan kaus kaki dari bahan wol atau katun agar lebih baik menyerap keringat pada kaki. Saat ini telah banyak beredar di pasaran kaus kaki anti bakteri. Kaus kaki jenis ini cukup ampuh untuk mencegah bau tidak sedap pada kaki. Ganti kaus kaki setiap hari dan cuci bersih kaus kaki setelah dipakai. Jangan gunakan kaus kaki yang masih lembab.

3. Jangan gunakan sepatu dalam kondisi masih lembab,pastikan sepatu yang akan sobat pakai benar-benar kering. Jangan gunakan sepatu yang sama setiap hari, maksimal setelah dua hari sepatu harus diganti. Untuk itu sobat perlu setidaknya dua pasang sepatu, ketika yang satu dipakai, satunya dicuci/dijemur di terik matahari untuk menghindari kelembapan.

4. Pilihlah sepatu dengan ukuran yang pas dan terbuat dari kulit atau bahan berpori yang memungkinkan kulit untuk bernapas. Hindari penggunaan sepatu dari bahan serat sintesis karena dapat menyebabkan produksi keringat berlebih. 

5. Mencuci kaki setiap hari dengan sabun anti bakteri guna meminimalisir resiko infeksi kulit ringan, kutu air, pertumbuhan bakteri dan lain-lain.

6. Pastikan kuku kaki tetap pendek sehingga tidak menjadi tempat kotoran yang terperangkap dan akhirnya menjadi rumah bagi bakteri.

C. Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Tradisional
Bisa dikatan kaki yang mudah sekali berkeringat dan berbau menyengat akan sangat mengganggu. Bukan hanya saja mengganggu untuk anda sendiri, namun hal ini juga akan sangat mengganggu orang-orang di sekitar anda. Bila anda juga mengalami kaki bau, keringat berlebih atau lembab, sebenarnya anda bisa mengatasi masalah ini dengan memanfaatkan bahan alami berikut ini:

1. Menggunakan obat kumur
Fungsi obat kumur adalah memberi rasa segar dan menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri yang menempel pada gusi, rongga mulut atau plak gigi. Karena itu obat kumur juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kaki. Caranya rendam kaki sobat dengan air yang telah dicampur obat kumur secukupnya. Sama halnya pada mulut, obat kumur akan bekerja mengusir bakteri penyebab bau tidak sedap pada kaki.

2. Masukkan cuka
Cuka dapat membuat lingkungan yang tidak nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Karenanya, merendam kaki dalam larutan cuka selama 30 menit setiap hari dalam seminggu akan mengurangi jumlah bakteri di sana.

3. Menggunakan air teh
Merendam kaki dengan air teh cukup ampuh untuk menghilangkan bau pada kaki. Caranya siapkan baskom berisi air hangat dicampur teh secukupnya lalu rendam kaki sekitar 20 menit. Lakukan cara ini secara teratur agar hasil lebih maksimal.

4. Menggunakan bubuk kopi
Pada artikel sebelumnya telah dibahas khasiat kopi untuk menghilangkan bau mulut. Ternyata selain menghilangkan bau pada mulut, kopi juga mampu menghilangkan bau tidak sedap pada kaki. Lumuri kaki dengan bubuk kopi selama 15-20 menit, lalu bersihkan. Bubuk kopi dapat memberi efek kering dan aromanya akan membuat kaki kembali harum.  

5. Menggunakan garam atau baking soda.
Sobat tinggal pilih mana yang ada di dapur sobat, garam atau baking soda. Sama seperti merendam kaki dengan teh, merendam kaki dengan air garam atau baking soda ternyata juga mampu menghilangkan bau tidak sedap pada kaki. Caranya pun mudah, sobat hanya perlu menyiapkan air hangat yang dicampur garam atau baking soda secukupnya lalu rendam kaki selama beberapa menit. Baking soda mampu meminimalisir jumlah bakteri penyebab bau tidak sedap pada kaki. Untuk informasi lebih lengkap mengenai manfaat air hangat dan garam dapat Sobat simak pada artikel Air Hangat dan Garam, Terapi Sehat Murah Meriah.

6. Menggunakan sabun jerawat
Bakteri adalah penyebab utama bau tidak sedap pada kaki, sehingga cara paling tepat untuk menghilangkan bau tersebut adalah dengan membunuh bakteri pemicu bau tidak sedap tersebut. Kandungan benzoil peroksida yang terdapat pada produk sabun jerawat akan bekerja secara perlahan melepaskan oksigen aktif yang memberikan efek baketriostatik (suatu kondisi yang diakibatkan senyawa antibakteri yang  membuat pertumbuhan bakteri bersifat statis) dan menciptakan efek keratolitik (menghilangkan lapisan keratin di luar kulit, guna proses penyembuhan gangguan kulit seperti kutil dan ketombe), serta mampu mengurangi potensi kelembaban sehingga dapat mengatasi masalah bau pada kaki.

7. Menggunakan suplemen zinc dan magnesium
Ketika tubuh kekurangan mineral seperti zinc dan magnesium, tubuh akan mengalami beberapa gangguan kesehatan salah satunya munculnya bau tidak sedap di seluruh tubuh. Beberapa jenis makanan sumber zinc diantaranya daging sapi, yoghurt, salmon dan biji labu. Sedangkan makanan sumber magnesium diantaranya Kacang hitam, kacang almond dan beras merah. Namun sebelum melakukan langkah ini ada baiknya sobat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

8. Menggunakan bawang putih
Bawang putih merupakan bahan alami yang banyak digunakan untuk perawatan kulit, sangat efektif dalam hal menghilangkan bau kaki menyengat karena didalamnya mengandung senyawa anti jamur yang disebut dengan istilah ajoene. Kandungan senyawa ini akan membunuh jamur dan menghilangkan bau kaki dengan cepat. Nah, jadi kamu yang bermasalah dengan bau kaki ada baiknya jika mencoba cara yang murah meriah namun dijamin sangat efektif satu ini. Caranya cukup mudah cukup dengan rendam kakimu dalam bak kecil berisi bawang putih yang sudah dihancurkan dan air hangat selama kurang lebih 30 menit.

8. Menggunakan tepung maizena
Sobat dapat menaburkan tepung maizena ke kaki hingga sela-sela jari sebelum menggunakan kaus kaki. Pastikan kaki benar-benar kering sebelum diberi tepung maizena. Tepung maizena dapat menyerap keringat dan membuat kaki tetap kering. Baca: Cara Menghilangkan Ketombe Yang Parah Paling Ampuh.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Menyengat Secara Tradisional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

  1. thanks infonya,, jangan lupa kunjungi balik link kami di http://idblackwalet.com

    BalasHapus