Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Di wajah Dengan Waktu Singkat

Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Di wajah Dengan Waktu Singkat - Flek hitam sering kali menjadi masalah kulit yang sering dialami wanita, terutama wanita yang menginjak usia paruh baya flek hitam bisa muncul di beberapa tempat pada wajah, sedangkan saat remaja felk hitam lebih sering muncul dikarenakan oleh bekas jerawat. Flek hitam bekas jerawat mungkin jika dibiarkan bisa hilang dengan sendirinya namun butuh waktu sekitar 6-12 bulan. Untuk menghilangkan flek hitam dengan waktu singkat maka dibutuhkan perawatan wajah yang intensif, apa saja perawatan tersebut berikut penjelasannya.
A. Penyebab Flek Hitam
Flek hitam diwajah muncul karena adanya peningkatan produksi melanosome dalam melanin, terutama setelah terpapar oleh sinar matahari. Melanin adalah sebuah pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, rambut, dan telinga manusia. Inilah sebabnya bagian kulit yang memiliki banyak melanosome akan berwarna lebih gelap jika dibandingkan dengan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik hitam sampai merah. Flek hitam dapat bertambah gelap setelah terpapar oleh sinar matahari. Berikut beberapa faktor penyebab wajah terdapat flek hitam:
1. Bekas jerawat
Bekas jerawat atau luka seringkali meninggalkan bintik-bintik gelap pada kulit wajah. Bekas luka itu biasanya akan membutuhkan beberapa waktu untuk hilang dengan sendirinya.

2. Kosmetika
Banyak sekali jenis kosmetik yang menjadi penyebab munculnya flek hitam di wajah, terutama kosmetik yang mengandung parfum, zat pewarna atau bahan-bahan tertentu dapat menyebabkan fotosensitivitas. Fotosensitivitas adalah kosmetik yang saat dipakai menjadikan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Misalnya kita memakai blush on, nah blush on-nya itu mengandung fotosensitivitas, sehingga daerah tersebut rentan sinar matahari, sehingga pipi timbul flek hitam.

3. Kerusakan hati
Bintik-bintik pada kulit juga merupakan tanda dari kerusakan hati karena tubuh tidak bisa menghilangkan semua racun dari sel-selnya, jika anda atau keluarga anda punya riwayat penyakit ini maka segeralah periksakan diri anda pada dokter.

4. Genetik dan ras
Pigmentasi juga bisa dipengaruhi karena faktor keturunan. Dr Vinia menjelaskan, biasanya timbul flek karena faktor keluarga yang mempengaruhi sekitar 20 sampai 70 persen. Selain itu, faktor ras juga mempengaruhi timbulnya flek. Biasanya dijumpai pada golongan Hispanik dan golongan orang kulit berwarna gelap.

5. Gangguan kulit
Bintik atau flek hitam pada kulit biasanya akan muncul karena usia. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit tidak bisa mereproduksi sel-sel kulit baru seperti ketika kita masih muda, terutama pada saat tua kulit lebih mudah terinfeksi dan kehilangan sebagian besar keelastisan kulit.

6. Obat
Disamping gangguan kuli, obat-obatan juga dapat memicu timbulnya pigmentasi atau flek di kulit. Jika seseorang mengonsumi obat-obatan jenis difenilhidantoin, klorpromazine, mesantoin, sitostatik dan minosiklin maka flek bisa muncul.

7. Paparan sinar matahari yang berlebihan
Paparan sinar matahari yang berlebihan akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin. Hal itu dilakukan untuk melindungi kulit dari sinar UV. Kondisi itulah yang kemudian membuat flek hitam atau cokelat muncul di wajah.

8. Ketidak seimbangan hormonal
Hormon juga menjadi penyebab flek hitam di wajah. Biasanya hormon estrogen, progesteron, dan MSH (Melanin Stimulating Hormone). "Bila pigmentasi akibat hormonal biasanya terjadi pada ibu hamil, biasanya terjadi pada trisemester ketiga, juga pada pemakai pil kontrasepsi.

9. Hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi terjadi ketika area tertentu di kulit wajah rusak. Hal itu dikarenakan kulit memproduksi melanin berlebih, sehingga kemudian membuat spot tertentu kulit terlihat lebih gelap.

B. Cara Menghilangkan Flek Hitam Dengan Waktu Singkat
Flek hitam umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan, namun flek hitam yang muncul dapat mengganggu estetika wajah dan membuat rasa tidak percaya diri. Berikut cara menghilangkan flek hitam yang bisa kalian praktekkan:
1. Krim Pencerah
Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengusir flek hitam adalah dengan menggunakan krim yang mengandung bahan pencerah kulit. Namun pastikan sebelum membeli krim pencerah konsultasikan lah kepada dokter kulit, agar disesuaikan dengan kondisi kulit Anda. Ada beberapa kandungan bahan aktif untuk mengurangi melanin yang menimbulkan flek hitam. Bahan yang terbilang aman dan paling banyak digunakan di pasaran adalah hydroquinone. Normalnya, produk pemutih kulit mengandung 2%-4% hydroquinone.

Bahan pemutih lain yang juga banyak digunakan adalah obat-obatan seperti steroid dan asam retinoat, yang berasal dari vitamin A, sebagai bahan aktif. Dan beberapa pencerah kulit menggunakan bahan-bahan alami seperti asam kojic (suatu senyawa yang berasal dari jamur) dan arbutin (senyawa yang ditemukan dalam berbagai tanaman), asam kojic penggunaanya lebih aman karena berasal dari bahan alami.

2. Pakai Sunblock
Sunblock memang tidak dapat menghilangkan flek hitam, namun fungsinya untuk menghindari flek hitam meluas dan muncul dibagian wajah yang lainnya. Krim sunblock bekerja efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yang memicu timbulnya noda hitam. Pilihlan sunblock dengan kandungan SPF minimal 15.

3. Scrub Dan Masker Wajah
Perawatan di rumah yang bisa Anda lakukan untuk memudarkan flek hitam adalah dengan rajin melakukan scrub dan masker wajah. Lakukanlah dua perawatan wajah ini dua kali seminggu untuk memberikan hasil terbaik. Pilihlah scrub dan masker yang dapat mencerahkan kulit. Dan pastikan saat akan melakukan kegiatan diluar ruangan gunakan selalu pelembab.

4. Mikrodermabrasi
Mikrodermabrasi adalah teknik mekanik menggunakan alat khusu yang digosokkan ke wajah. Wajah seperti 'diamplas' menggunakan tip (aplikator) yang dilapisi dengan butiran berlian. Fungsi dari mikrodermabrasi dapat menghilangkan flek hitam, mengangkat sel kulit mati, mengangkat komedo dan meningkatkan kolagen. Hasilnya, kulit menjadi lebih putih, bersinar dan halus.

5. Bahan Alami
Berbagai bahan alami memiliki kandungan yang dapat mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam, seperti lemon, pepaya dan susu. Lemon mengandung vitamin C yang dapat memudarkan noda gelap pada wajah. Sedangkan dalam pepaya mengandung enzim papain yang dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan flek hitam.

Lemon dan pepaya bisa dijadikan sebagai jus, yang kemudian dipulaskan pada wajah sebagai masker. Kedua bahan tersebut pun bisa dihaluskan bersamaan.

Bahan lainnya untuk memudarkan noda hitam adalah susu. Kandungan susu dapat melawan flek serta mencerahkan kulit. Berendam atau membasuh wajah dengan susu dikabarkan bisa mengurangi bintik hitam dan meningkatkan warna kulit.

C. Cara Menghilangkan Flek Hitam Dengan Masker Bahan Alami
Untuk menghilangkan flek hitam dengan menggunakan bahan alami kalian bisa menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:
1. Lidah buaya
Lidah buaya yang lebih dikenal dengan istilah aloe vera adalah salah satu tanaman herbal alami yang mudah didapat di sekitar rumah. Pijatkan gel yang terkandung di lidah buaya ini ke kulit yang mempunyai noda hitam, dan tunggu sampai kering. Lalu, bilas kulit tersebut dengan susu dan keringkan. Ulangi cara ini setelah satu minggu.

2. Jus mentimun
Cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan jus mentimun. Mentimun yang sudah tua dan juicy, dihancurkan menjadi pasta dengan blander kemudian diaplikasikan ke seluruh wajah dengan menggunakan kapas. Lakukan dua kali sehari sebelum mandi untuk menghilangkan noda di wajah dengan efektif.

3. Madu
Madu, selain menyehatkan untuk tubuh juga sangat bermanfaat untuk kulit. Oleskan madu pada noda hitam yang ada pada kulit Anda, dan biarkan hingga madu tersebut kering. Jika sudah, bilas dengan air hangat secara perlahan. Ulangi cara ini selama 3 hari berturut-turut untuk membantu mengurangi noda hitam tersebut.

4. Bawang merah
Bawang merah segar sangat baik untuk menyingkirkan bintik-bintik gelap dan pigmentasi di kulit wajah. Untuk mengatasi flek hitam di wajah, Anda dapat mempersiapkan masker wajah dengan mencampur air perasan bawang merah dan yogurt segar dengan perbandingan yang sama. Pijat wajah Anda dengan campuran ini selama 10 sampai 15 menit. Lakukan perawatan setiap hari untuk hasil terbaik.

5. Susu
Asam laktat yang terkandung pada susu berguna untuk mengurangi noda hitam secara alami, atau bahkan bisa membantu menghilangkan bercak hitam tersebut. Anda bisa mandi susu atau menggunakan sabun muka yang mempunyai kandungan susu yang banyak. Anda harus menggunakan produk berbahan susu tersebut secara terus menerus selama minimal satu minggu.

6. Kunyit
Siapkan mangkuk kecil, kemudian tambahkan satu sendok makan bubuk kunyit, satu sendok makan susu, dan perasan setengah buah lemon. Campur ketiga bahan tersebut hingga rata, kemudian oleskan pada wajah atau leher yang mempunyai noda hitam. Ulangi cara tersebut setelah sepuluh hari secara rutin.

7. Lemon
Cara terakhir dan yang paling banyak diminati yakni dengan lemon. Jus lemon/ jeruk nipis adalah salah satu bahan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan noda gelap di kulit. Anda hanya perlu memotong lemon menjadi dua bagian, lalu menggosokkan pada kulit yang belang. Biarkan hingga air lemon tersebut kering di kulit, kemudian bilas dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, hindari terkena sinar matahari selama 24 jam setelah melakukan perawatan ini.
Baca artikel menarik lainnya: Bau Badan: Penyebab Dan Cara Menghilangkan Secara Alami.

Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Di wajah Dengan Waktu Singkat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar