9 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Wajah Berjerawat

9 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Wajah Berjerawat - Saat wajah anda berjerawat mungkin pernah merasakan setelah minum atau makan jerawat yang ada terasa gatal dan meradang, dan pastinya hal yang pertama kali kita pikirkan adalah makanan yang barusan dimakan. Memang benar, makanan adalah salah satu penyebab yang dapat membuat kondisi jerawat anda menjadi semakin parah, dan saat kalian mengkonsumsi makanan tersebut kemungkinan banyak jerawat baru yang tumbuh. Apa saja jenis makanan yang harus dihindari saat berjerawat, berikut ulasan lengkapnya:
Makanan Penyebab Jerawat
Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung soda dapat membuat jerawat anda semakin meradang, karena pada bahan minuman bersoda mengandung aspartame yang dapat memperburuk kondisi jerawat. selain itu soda juga dapat menurunkan kondisi pH kulit, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat baru. Hal tersebut merupakan Penyebab Jerawat Membandel.

Penyebab Jerawat Membandel yang lain adalah adanya alergi minuman atau makanan tertentu seperti susu, makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, makanan tinggi lemak, dan makanan tinggi gula.

Oleh karena itu, kurangi konsumsi gula yang berlebih, makanan seperti coklat, minuman soda, biskuit dan permen merupakan sederet makanan yang sangat banyak mengandung gula yang ternyata merupakan Penyebab Jerawat Membandel. Karena gula yang berlebih akan meningkatkan hormon insulin dalam darah yang dapat memicu hormon androgen penyebab kulit yang berminyak. Karena kulit yang berminyak akan mudah sekali muncul jerawat.

1. Makanan olahan susu
Susu, keju, dan makanan yang terbuat dari olahan susu sapi lainnya, meski kaya dengan kandungan kalsium, ternyata dapat menyebabkan jerawat jika dikonsumsi berlebihan. Hormon yang terdapat di dalamnya dapat menyebabkan kelenjar minyak terus berkembang dan menjadi pemicu timbulnya jerawat.

2. Minyak kedelai
Menurut hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical dan Aesthetic Dermatology, minyak kedelai mengandung banyak lemak trans dan asam lemak tak jenuh ganda omega-6 yang berat yang dapat merusak kulit.

3. Kue dan soda
Makanan yang tinggi kandungan gula, seperti kue manis, soda, dan jus buah yang dicampurkan dengan susu dan gula dapat menimbulkan jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa yang cukup tinggi dapat memicu hormon insulin dan menyebabkan timbulnya jerawat baru serta membuat jerawat semakin meradang.

4. Konsumsi alkohol
Perhatikan pola gaya hidup Anda, sebab konsumsi banyak alkohol dapat menimbulkan kulit kering dan keriput. Untuk mendapatkan kulit mulus tanpa jerawat cobalah minum jus cranberry atau minuman sehat lainnya yang jauh dari soda, alkohol, dan sebagainya.

5. Cabai
Apabila anda memiliki jerawat maka sebaiknya hindari terlebih dulu makanan yang memiliki rasa pedas, mulai dari sambal, sambal botolan, sayurpedas dan makan pedas lainnya. Rasa pedas dari cabai dapat membuat kulit lebih mudah mengalami radang. Maka hindari dulu makanan-makanan pedas selama anda berjerawat. Jika ingin sedikit sensasi pedas, Anda bisa menambahkan merica.

6. Garam
Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam dapat membuat kulit Anda kering dan pembengkakan. Pastikan kurangi penambahan garam pada makanan yang Anda konsumsi. 

7. Kripik kentang
Kripik kentang ternyata memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat memicu meningkatnya insulin dan glukosa dalam tubuh. Selain kripik kentang, kentang goreng, ketela, dan roti juga memiliki indeks glikemik yang tinggi yang sebaiknya kalian hindari.

8. Makanan yang dimasak dengan suhu tinggi
Para peneliti telah menemukan bahwa konsumsi makanan yang dimasak pada suhu tinggi dapat menyebabkan penumpukan advanced glication end products, atau AGEs. Kandungan ini perlu diketahui sulit dicerna tubuh dan dapat memicu timbulnya jerawat. AGEs banyak terkandung pada makanan yang digoreng, panggang, direbus, dikukus yang terlalu lama terpapar suhu tinggi.

9. Bawang putih, bawang merah, produk gandum
Kombinasi makanan FODMAP dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Jika Anda belum tahu apa itu FODMAP, ini merupakan singkatan dari fermentable ogliogsaccharides, disaccharides, monosaccharides dan polyols.

Sebuah studi yang dilakukan Department of Internal Medicine di University of Genoa membuktikan bahwa mereka yang punya jerawat parah setidaknya punya masalah pada usus. Perlu diketahui, makan bawang putih, bawang merah dan produk gandum berlebih dapat memicu gangguan usus dan terbukti gangguan pada usus itu ada keterkaitan dengan jerawat yang timbul. Artikel keren lainnya: Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Dalam 1 Minggu.

9 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Wajah Berjerawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 komentar:

  1. terimakasih atas infonya, jangan lupa kunjungan baliknya ke http://idblackwalet.com/

    BalasHapus
  2. Aku punya jerawat,satunya sembuh muncul yg baru ,bikin gereget pokoknya

    BalasHapus