Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Dan Tubuh Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Dan Tubuh Dengan Cepat - Anda punya panu diwajah atau dilengan? pastinya mengganggu sekali, selain bikin risih saat dilihat karena warna kulit yang terkena panu beda dengan warna kulit normal, panu juga dapat mengakibatkan rasa gatal saat anda berkeringat. Panu bisa tumbuh dimana saja seperti lengan, dada, punggung, leher, muka, maupun di paha.
Penyebab Panu
Seperti diulas pada laman alodokter.com: Malassezia merupakan sejenis jamur yang menjadi penyebab utama terbentuknya panu. Pada dasarnya, jamur ini tidak berbahaya dan umum ditemukan pada setiap bagian kulit manusia, terutama pada orang-orang yang berusia dewasa. Menurut dugaan, jamur ini mulai menimbulkan bercak-bercak putih di kulit saat perkembang biakannya tidak terkendali yang pada akhirnya mengakibatkan rusaknya kulit pagian atas, sehingga kulit yang terkena panu terlihat lebih putih dibandingkan dengan kulit disekitarnya.

Tidak diketahui secara jelas apa yang menyebabkan perkembangan jamur Malassezia menjadi tidak terkendali pada sebagian orang dan tidak pada sebagian lainnya.Tingkat kebersihan seseorang diperkirakan tidak berhubungan dengan munculnya kondisi ini. Namun para ahli menduga ada beberapa faktor pada diri seseorang yang bisa memicu kemunculan penyakit ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memiliki tingkat kekebalan tubuh yang rendah
2. Berusia remaja atau awal 20-an
3. Memiliki jenis kulit berminyak
4. Tinggal di daerah lembap yang bersuhu hangat
5. Mengalami perubahan hormon
6. Sering mengeluarkan keringat berlebihan

Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Dan Tubuh
Penanganan panu bergantung dari letak terjadinya panu tersebut, seberapa parah kulit yang terkena, seberapa tebal bercak panu tersebut, dan iklim. Penanganan panu yang paling umum dilakukan, antara lain:

1. Obat minum
Jika panu menginfeksi area yang luas di tubuh seperti punggung, lengan dan wajah, biasanya dokter akan meresepkan obat minum, seperti fluconazole, itraconazole atau ketoconazole. Atau anda bisa langsung menanyakanya pada petugas apotek tentang obat panu yang cocok bagi anda. Dengan obat panu yang diminum biasanya panu dapat hilang selama beberapa minggu kedepan.
 
2. Pengobatan topikal
Pengobatan topikal yang dapat diakukan misalnya dengan menggunakan sampo, sabun, salep, losion atau krim antijamur yang mengandung clotrimazole. Ada obat topikal panu yang bereaksi keras dan cepat ada pula yang bereaksi ringan dan pelan.

Cara Alami Menghilangkan Panu
Jika anda tidak ingin buang uang atau rumah jauh dari toko obat, anda bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut untuk menghilangkan panu ditubuh anda, namun efeknya pun tidak secepat jika anda menggunakan obat panu.
1. Bawang Putih
Bawang putih mengandung zat anti-bakteri yang dapat mematikan jamur penyebab panu. Selain itu bawang putih mengandung saltivine, belerang, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C yang bisa mempercepat pertumbuhan sel kulit baru, sehingga bisa mengembalikan kulit seperti sedia kala.

Cara menghilangkan panu dengan bawang putih sangat mudah yaitu: iris 1 siung bawang putih, lalu usapkan pada kulit yang terinfeksi jamur panu. Lakukan 3x sehari yaitu: pagi, siang, dan malam.

2. Lengkuas
Lengkuas merah maupun putih memiliki sifat antijamur dan antikembung. Kandungan ini didapatkan dari zat basoni, galangan, galangol dan eugenol yang bermanfaat menghalau berkembangnya jamur di kulit.

Cara Pengobatan dengan Lengkuas: Sediakan satu iris lengkuas segar. Sebaiknya disertakan beberapa lembar daun sirih. Lengkuas potong dan daun sirih ditumbuk halus. Gosok perlahan ramuan pada kulit yang terinfeksi jamur. Lakukanlah perawatan ini dua kali sehari, setiap pagi dan sore hari hingga jamur kulit mati.

3. Jeruk Nipis
Jeruk nipis dapat Anda manfaatkan untuk obat penyakit kulit panuan. Caranya, siapkan satu buah jeruk nipis dan bubuk belerang. Kemudian, potong satu buah jeruk nipis menjadi dua bagian. Lalu, celupkan potongan jeruk nipis ke dalam bubuk belerang dan oleskan pada kulit yang panuan. Lakukan pengobatan ini secara rutin hingga panu berangsur-angsur hilang.

4. Belimbing Wuluh
Bahan makanan dengan rasa asam alami ini bisa menumpas panu yang mengganggu. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa belimbing wuluh. Campur dengan sedikit air kapur sirih. Aduk hingga rata, ambil airnya, lalu oleskan di atas kulit yang mengalami masalah panu. Lakukan perawatan rutin dua kali sehari hingga panu hilang.

Tips Agar Panu Tidak Muncul Lagi
1. Menggunakan alas kaki jika sedang berjalan di tempat yang lembab seperti kamar mandi umum, tempat bilas atau di sekitar kolam renang.
2. Jangan malas mengelap keringat.
3. Rajin mengganti baju yang kotor atau basah terkena keringat.
4. Mengeringkan badan secara sempurna setelah mandi
5. Tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain seperti handuk, sabun batang, sepatu atau sandal saat menggunakan fasilitas umum.
6. Membilas tubuh dengan sabun antiseptik setelah selesai berenang. Baca: Kulit Sehat: Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami.

Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Dan Tubuh Dengan Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar