Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Dengan Cepat

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Dengan Masker Cepat - Rambut yang tiba-tiba rontok parah bukanlah suatu masalah tanpa penyebab, rambut rontok disebabkan oleh beragam faktor mulai dari kondisi pikiran, makahan yang dikonsumsi, sampai dengan penyakit. Untuk mengatasi masalah rambut rontok yang pertama kali harus diketahui adalah penyebab utamanya sehingga kerontokan rambut dapat ditangani dengan cepat. Beberapa perawatan bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah rambut ini.

Pada artikel rambut ini kita akan membahas mengenai apa saja yang menjadi penyabab rambut menjadi rontok, cara cepat mengatasinya, dan cara yang tepat untuk merawat rambut yang rontok.
Penyebab Rambut Rontok
Rambut rontok pastinya dapat mengganggu penampilan seseorang, terutama oleh kaum wanita. Penyebab rambut rontok tidak hanya karena zat kimia pada produk perawatan rambut, tapi juga dipengaruhi oleh kurangnya vitamin dan makanan tertentu. Berikut ini adalah 10 faktor yang dapat menyebabkan rambut anda menjadi rontok:
1. Stres
Dr. Wesley menjelaskan bahwa stres bukan mitos. Tingkat stres yang tinggi, seperti kematian dalam keluarga atau sulit mendapat pekerjaan menjadi penyebab kerontokan rambut. "Stres dapat mempercepat proses rambut menipis akibat hormon kortisol mendorong siklus rambut menurun.

2. Demam tinggi
Demam tinggi merupakan salah satu penyebab rambut Anda menjadi rontok. Selain itu, masih ada penyakit lain yang mampu menyebabkan rambut jadi rontok. Oleh karena itu segeralah berkonsultasi dengan dokter apabila Anda menemukan bahwa rambut Anda rontok secara tiba-tiba.

3. Obat jerawat
Salah satu efek samping dari beberapa obat jerawat adalah rambut menipis, "Kandungan accutane dapat menyebabkan rambut lebih cepat rontok."

4. Penyakit tiroid
Ketidakseimbangan hormon tiroid di dalam tubuh menjadi penyebab utama dari rambut rontok. Baik penurunan (hypothyroidism) atau peningkatan (hipertiroidisme) mampu menyebabkan rambut rontok secara berlebihan.

5. Diet
Diet ekstrem juga dapat menyebabkan rambut menipis. Wesley menyarankan untuk menjaga kadar kolesterol baik dengan cara konsumsi telur serta perbanyak zat besi dari suplemen dan juga makan banyak protein.

6. Penurunan berat badan secara drastis
Berat badan yang turun secara drastis juga dapat menyebabkan rambut rontok. Hal ini dikarenakan tubuh kehilangan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut secara tiba-tiba.

7. Hormon
Fluktuasi hormon menjadi penyebab utama dari kerontokan rambut. Pakar transplantasi rambut, Dr Wesley, mengatakan, "seperti masalah tiroid, fluktuasi hormon dapat mempengaruhi rambut rontok."

8. Alopecia areata
Kondisi media yang dapat menyebabkan rambut rontok ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik di kepala. Salah satu penyebab penyakit ini terjadi karena adanya gangguan sistem imunitas di dalam tubuh manusia

9. Zat kimia
Rambut yang terlalu sering menjalani proses kimia di salon juga lebih rentan mengalami kerontokan. Sering mewarnai rambut dan meluruskannya secara permanen membuat batang rambut menjadi lebih rentan patah.

10. Menopause
Ketidakseimbangan hormon yang terjadi semasa menopause mampu menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu stres emosional dan kelelahan juga mampu menyebabkan rambut rontok secara tiba-tiba. Cara terbaik untuk mengatasi keadaan ini adalah dengan menjaga keseimbangan hormon estrogen.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Cepat
Rambut rontok secara umum merupakan bagian dari reaksi alami tubuh terhadap penuaan, sehingga tidak membahayakan kesehatan Anda. Oleh karena itu, gangguan ini jarang membutuhkan penanganan medis. Akan tetapi jika kerontokan rambut yang kalian alami mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, langkah penanganan berikut dapat kalian dilakukan.

Kebotakan yang terjadi pada pria dapat ditangani dengan dua jenis obat, yaitu finasteride dan minoxidil. Sedangkan kebotakan pada wanita dapat ditangani dengan obat minoxidil.

Cara Merawat Rambut Rontok
Selain mengkonsumsi obat penyebuh kerontokan diatas, anda juga sebaiknya melakukan beberapa perawatan yang memang diperuntukkan untuk kondisi rambut anda, sehingga kondisi rambut yang telah rontoh tidak menjadi semakin parah.
1. Masker rambut
Masker rambut adalah salah satu perawatan khusus bagi mereka yang memiliki rambut rontok dalam kondisi yang parah. Bisa juga rambut rusak akibat sering diluruskan atau dicat warna-warni. Proses pemberian masker hanya dioleskan pada lapisan rambut dan kulit kepala, tanpa dilakukan pemijatan. Karena kondisi rambut yang rusak parah tidak boleh banyak terkoyak apalagi dipijat.

Perawatan rambut ini dapat dilakukan maksimal seminggu sekali, atau sebulan dua kali. Terlalu sering perawatan membuat kulit kepala menjadi kering. Perawatan bisa dilakukan selang-seling. Misalkan, minggu ini perawatan cream bath, dua minggu kemudian dilakukan hair spa.

2. Hair spa
Proses perawatan yang mirip cream bath adalah hair spa. Yang membedakan, bahan-bahan hair spa lebih terpilih dan kaya akan vitamin. Hair spa sangat cocok untuk perawatan rambut yang rusak, sering di-rebonding. Ada banyak pilihan krem untuk hair spa, disesuaikan dengan kondisi rambut. Keunggulan hair spa mengandung aroma therapy sehingga ada unsur relaksasi, menenangkan. Aromanya pun lebih wangi dibandingkan krem untuk creambath. 

3. Creambath
Creambath sudah dikenal sejak lama, yaitu perawatan dasar dengan mengoleskan krem sesuai yang dibutuhkan dengan kondisi rambut. Ada perawatan untuk rambut rontok, berminyak, kering, agar rambut tidak lepek, menghitamkan, menghaluskan rambut. Bahan krem itu biasanya terbuat dari bahan-bahan tradisional, aneka buah, dan sayuran. Artikel menarik lainnya: 9 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Wajah Berjerawat.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Dengan Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya,, ijin share juga yah dan jangan lupa kunjungan baliknya ke http://idblackwalet.com/

    BalasHapus