Cara Menghilangkan Ketombe Yang Parah Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Ketombe Yang Parah Paling Ampuh - Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang banyak dialami oleh remaja, namun masalah ketombe yang parah tidak semua mengalaminya, ketombe yang parah umumnya terjadi pada mereka yang habis sakit panjang sehingga selama sakit tidak bisa mencuci rambut yang pada akhirnya mengakibatkan kulit kepala yang telah mati tidak bisa lepas atau terjadi pada mereka yang mengalami gangguan kulit kepala yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.
Penyebab Ketombe
ketombe seringkali muncul pada pasien dengan bawaan kulit kepala yang berminyak. Tingginya kadar minyak di kulit kepala, mengakibatkan munculnya peradangan kulit yang dipicu oleh adanya jamur Malassezia spp. Jamur ini bersifat lipofilik (jamur yang dapat hidup berkembang biar pada minyak), sehingga lingkungan mikro dengan kadar minyak tinggi menyuburkan pertumbuhannya.
1. Kepanasan
Mulai dari penggunaan hair dryer, kerudung, sampai terpapar panas matahari. Kepala yang kepanasan juga dapat membuat sel kulit cepat mati dan berubah menjadi ketombe. Jadi kurangi penggunaan hair dryer atau gunakan bahan kerudung yang lebih nyaman untuk mencegah ketombe, serta jangan lupa menggunakan penutup rambut saat beraktifitas diluar ruangan.

2. Malas Keramas
Rutinitas yang padat bukanlah alasan untuk anda tidak mencuci rambut. Kebiasaan buruk tersebut ternyata juga bisa menjadi penyebab rambut anda berketombe. Hal tersebut dikarenakan adanya penumpukan dari minyak dan sel kulit mati. Sehingga jika dibiarkan justru akan mengakibatkan bakteri dan jamur penyebab ketombe tumbuh dikulit kepala anda.

3. Kondisi kulit
Karena kondisi kulit kepala setiap orang berbeda, risiko terkena masalah ketombe pun akhirnya berbeda pula. Jadi kenali jenis kulit dan konsultasikan dengan dokter ahli untuk mengatasi masalah ketombe.

4. Dermatitis seboroik
Suatu penyakit kulit yang menyebabkan kulit lebih berminyak (minyak berlebihan) dalam hal ini kulit kepala, ini merupakan penyebab ketombe yang paling sering. Dermatitis seboroik juga dapat menyerang kulit bagian tubuh lainnya, seperti alis, sisi hidung dan di mana saja di mana rambut atau bulu dapat tumbuh di sana, seperti halnya ketiak.

5. Makanan
Ternyata makanan pun memengaruhi kondisi kulit kepala dan menimbulkan ketombe. Jadi penuhi zat besi dan vitamin B melalui makanan atau suplemen demi menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah datangnya ketombe.

6. Produk rambut
Entah itu sampo, kondisioner, atau produk kecantikan lain untuk rambut, perhatikan bahan dan efeknya pada kulit kepala. Jangan-jangan produk tersebut justru membuat ketombe semakin banyak.

7. Stres
Termasuk penyebab yang tidak biasa, namun itulah kenyataannya. Terlalu stres bukan cuma buruk untuk kesehatan, tetapi juga kecantikan rambut, termasuk menjadi penyebab munculnya ketombe.

8. Sisa sampo
Yakin sudah membilas sisa sampo saat keramas sampai bersih? Sebab jika tidak, sisa sampo tersebut juga bisa menyebabkan ketombe. Meskipun butuh waktu agak lama, hal itu lebih baik dilakukan demi menjaga kesehatan kulit kepala.

10. Cuaca
Sama seperti masalah kepanasan, faktor luar yang memengaruhi datangnya ketombe adalah cuaca. Jika memang cuaca sedang begitu terik, coba dinginkan bagian tubuh dan kepala agar ketombe tak mudah datang.

Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe
Pengobatan yang paling sering diterapkan dan juga paling cepat atasi ketombe adalah dengan menggunakan sampo antiketombe/dandruff yang bisa dibeli di toko-toko terdekat. Cara kerja berbagai sampo antiketombe berbeda-beda, mulai dari mengangkat minyak kulit kepala sampai dengan membunuh bakteri dan jamur. Anda bisa mencari produk yang paling sesuai dengan kondisi kulit kepala anda dengan cara mencoba beberapa produk.

Pada dasarnya ketombe akan langsung beraksi terhadap metode ini. Tapi, kemunculan kembali ketombe adalah hal yang wajar. Ketombe biasanya menghilang beberapa saat sebelum kembali lagi. Jika terjadi, pemakaian sampo antiketombe perlu dilakukan secara teratur.

Jika sampo gagal membersihkan ketombe setelah beberapa minggu, segera temui dokter. Anda mungkin membutuhkan sampo antiketombe yang lebih kuat. Dokter akan memeriksa kulit kepala untuk mencari tahu apakah ada masalah kulit seperti infeksi jamur, dermatitis seboroik, atau psoriasis.

Cara Alami Menghilangkan Ketombe
Namun sebelum mencoba perawatan kimia, terdapat cara alami untuk mengatasi masalah ketombe di kulit kepala. Cara alami menghilangkan ketombe biasanya menggunakan bahan-bahan alami seperti lemon, telur, sampai minyak kelapa, berikut adalah kumpulan resep masker untuk menghilangkan ketombe.:
Resep Masker 1
Campurkan 1 sdm air lemon dengan 5 sdm minyak kelapa dan kemudian usapkan campuran itu pada kulit kepala. Biarkan campuran ini selama sekitar 20-30 menit dan kemudian cuci rambut dengan shampo.

Resep Masker2
Iris sepotong daun lidah buaya di tengah. Peras gelnya dan usapkan langsung ke kulit kepala. Pijat dan pastikan semua kulit kepala terolesi merata dengan gel lidah buaya. Biarkan gel selama sekitar 45 menit sampai satu jam, setelah itu cuci kulit kepala dengan air dingin.
Resep Masker 3
Kocok 2 telur dan usapkan pasta itu pada kulit kepala dan bilas setelah satu jam. Perawatan ini akan membantu mencegah ketombe dan rambut rontok.

Resep Masker 4
Siapkan campuran cuka dan air dalam jumlah yang sama. Usapkan ramuan ini pada kulit kepala dan biarkan semalaman. Cuci rambut Anda keesokan harinya dengan shampo bayi yang lembut.

Resep Masker 5
Selain berfungsi sebagai penangkal jamur yang baik, minyak kelapa sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe dan melembabkan kulit kepala yang kering. Untuk mendapatkan manfaatnya, campur minyak kelapa dengan minyak zaitun. Aplikasikan merata dari kulit kepala hingga ujung rambut Anda. Biarkan selama satu jam, kemudian bilas dan gunakan shampo.

Resep Masker 6
Pijat kulit kepala Anda dengan lemon sebelum mandi. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas. Perawatan ini akan membantu mencegah ketombe dan membuat rambut tampak bersinar.

Resep Masker 7
Ambil kulit dari 3-4 lemon dan didihkan di dalam 4-5 cangkir air selama sekitar 15-20 menit. Setelah dingin, gunakan untuk mencuci rambut. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali. Baca juga: Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Di wajah Dengan Waktu Singkat.

Cara Menghilangkan Ketombe Yang Parah Paling Ampuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

  1. terimakasih atas nfonya,, jangan lupa kunjungi http://idblackwalet.com

    BalasHapus