Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Benar

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Benar - Rambut rontok saat ini merupakan salah satu masalah rambut yang paling banyak ditakuti oleh remaja. Selain takut kepala menjadi botak, dengan rambut yang mudah rontok dapat membuat pikiran kita mudah tegang dan mudah stres, rambut rontok umumnya sering terjadi pada mereka yang sedang mengalami stres tinggi, hormon stres lah yang sangat berperan penting dalam hal ini, namun bukan hanyak hormon stres faktor-faktor lain juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut anda.
A. Penyebab Rambut Rontok
Sebelum anda melakukan perawatan rambut rontok, maka ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor utama yang menyebabkan rambut menjadi rontok.
1. Pengaruh Kemoterapi
Kerontokan rambut ini akan berdampak menyeluruh, termasuk kulit kepala, wajah, dan tubuh. Tetapi sebagian besar tidak bersifat permanen dan rambut biasanya dapat tumbuh kembali setelah beberapa bulan berhenti menjalani kemoterapi.

2. Demam tinggi
Demam tinggi merupakan salah satu penyebab rambut Anda menjadi rontok. Selain itu, masih adabanyak  penyakit lain yang mampu menyebabkan rambut menjadi rontok.

3. Pengaruh penyakit kulit atau penyakit autoimun
Kebotakan jenis ini bersifat permanen karena rusaknya folikel rambut yang menjadi tempat tumbuhnya akar rambut.Beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkannya adalah lichen planus dan Lupus eritematosus diskoid (discoid lupus erythematosus/DLE).

4. Penyakit tiroid
Ketidakseimbangan hormon tiroid di dalam tubuh menjadi penyebab utama dari rambut rontok. Baik penurunan (hypothyroidism) atau peningkatan (hipertiroidisme) mampu menyebabkan rambut rontok secara berlebihan.

5. Tekanan psikologis
Misalnya stres. Pada jenis ini, penderita akan mengalami penipisan rambut di kepala tapi tidak selalu mengalami kebotakan. Kerontokan ini cenderung berkurang tanpa penanganan medis khusus.

6. Efek samping obat-obatan
 Kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani artritis, depresi, gangguan jantung, serta tekanan darah tinggi.

7. Pengaruh gizi
Asupan gizi yang buruk juga berpengaruh karena dapat menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh. Selain itu seseorang yang kekurangan mineral zinc juga dapat membuat kulit rambut kurang kuat untuk menahan akar rambut sehingga menjadikan rambut mudah rontok.

9. Menopause
Ketidakseimbangan hormon yang terjadi semasa menopause mampu menyebabkan kerontokan rambut.

10. Alopesia areata
Jenis kerontokan ini menyebabkan pitak dan umumnya terjadi pada remaja dan kalangan dewasa muda. Tetapi sebagian besar rambut penderitanya akan kembali tumbuh setelah satu tahun.Beberapa hal yang diduga sebagai penyebabnya adalah faktor genetika dan gangguan pada sistem kekebalan tubuh.
     
11. Proses Kimia
Rambut yang terlalu sering menjalani proses kimia di salon juga lebih rentan mengalami kerontokan. Sering mewarnai rambut dan meluruskannya secara permanen membuat batang rambut menjadi lebih rentan patah.

B. Cara Merawat Rambut Rontok
Berikut beberapa cara merawat rambut yang benar agar rambut anda tidak mudah rontok:
1. Jangan Sisir Rambut Basah
Biasanya untuk mengurangi kusut dan membuat rambut tetap rapi, kamu menyisir rambut yang masih basah. Stop! Melakukan hal tersebut pada rambut yang dapuh dan mudah patah, dapat menyebabkan rambut rontok parah. Biarkan hingga rambut setengah kering

2. Kenali jenis rambut
Secara umum, ada berbagai jenis rambut seperti rambut kering, berminyak, normal, rambut keriting, rambut halus, dan lainnya. Anda harus mengenal jenis rambut sendiri, dengan begitu And dapat dengan mudah memilih sampo yang tepat. Selain itu, jangan lupa juga menggunakan kondisioner dan lakukan pemijatan dengan menggunakan ujung jari karena dapat melancarkan aliran darah.

3. Kurangi menggunakan alat pemanas
Jika dalam keadaan yang tidak terburu-buru, mengeringkan rambut dengan cara alami jauh lebih menyehatkan rambut. Tetapi jika Anda tidak mempunyai waktu, sebaiknya gunakan alat pemanas seperti hair dryer dengan setelan panas yang paling rendah.

4. Shampo untuk Rambut Rontok
sebagai penyebab rambut rontok. Cobalah menggunakan shampo berformulasi ringan, untuk membersihkan kulit kepala dari minyak, kotoran, dan kulit mati. Selain itu pilih shampo yang mengandung tea tree oil sebagai cara mengatasi rambut rontok parah.

5. Minimalkan menyisir rambut
Setelah Anda mencuci rambut, jangan langsung menyisir rambut dengan menggunakan sisir rambut ,tapi gunakanlah jari-jari tangan. Karena pada saat basah rambut akan lebih mudah patah.Cara menyisir pun harus perlahan, terutama untuk rambut yang panjang. Jangan menyisir mulai dari pangkal, tetapi dari cukup di bagian ujung saja. Salah cara menyisir dapat menyebabkan kerontokan.

Sisir yang digunakan ujungnya harus tumpul dan terbuat dari bahan plastik. Jangan gunakan sisir yang terbuat dari kayu karena dapat merusak kutikula rambut. Meminimalkan sisiran dapat mengurangi kerusakan rambut. Untuk rambut yang berhijab cukup menyisir sebelum dan setelah memakai hijab,

6. Gunakan Air Dingin
Untuk membasahi dan membilas rambut setelah penggunaan shampo, pilih air dingin, ketimbang air bersuhu hangat atau panas. Selain terasa menyegarkan, ini merupakan cara mengatasi rambut rontok yang mudah dan sederhana.

C. Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami 
Dengan melakukan perawatan rambut dengan menggunakan masker alami selain dapat menutrisi dan mengatasi masalah rambut rontok anda, masker alami juga tidak menyebabkan efek samping seperti halnya masker rambut yang terbuat dari bahan kimia.
1. Madu Dan Telur
Lagi-lagi madu ini dapat membantu merawat rambut dengan maksimal. Dengan mencampurkannya bersama telur, maka Anda bisa mengurangi kerontokan rambut serta merawat rambut yang rusak.

Bahan yang dibutuhkan:
1). 1 sdm madu
2). 1 butir telur ayam kampung

Cara Membuatnya:
1). Campur kedua bahan menjadi satu hingga rata, kemudian aplikasikan ke seluruh rambut sambil dimassage.
2). Tutup dengan handuk hangat atau shower cap kemudian biarkan selama 2 jam
3). Keramas seperti biasa dengan shampoo dan ulangi beberapa kali karena umumnya ramuan ini agak lengket. Agar lebih mudah menghilangkannya Anda bisa menggunakan air hangat.

2. Pisang, Madu Dan Tepung Beras
Ketiga bahan ini sering kali digunakan untuk perawatan kecantikan kulit dan rambut, selain mengandung vitamin yang dapat menutrisi rambut, pada ketiga bahan tersebut juga mengandung mineral yang dapat menguatkan akar rambut dan mengencangkan kulit kelpala sehingga rambut tidak mudah rontok.

Bahan yang dibutuhkan:
1). Beberapa iris pisang
2). 2-3 sendok madu
3). 5-8 sendok tepung beras

Cara Membuatnya:
1). Ambil satu buah pisang dan potong menjadi beberapa bagian.
2). Tambahkan 2-3 sendok madu dan aduk rata.
3). Tambahkan tepung beras ke campuran adonan.
4). Aduk rata dan pastikan tidak ada adonan yang masih menggumpal.
5). Jika diperlukan, campurkan bahan-bahan dalam blender untuk mendapatkan adonan halus.
6). Aplikasikanpada rambut kulit kepala dan tutupi dengan shower cap
7). Tunggu 20 menit dan cuci dengan air dingin.

3. Kuning Telur Dan Jeruk Nipis
Masker rambut yang satu ini terbuat dari kuning telur dan jeruk nipis. Fungsinya adalah untuk mengatasi masalah rambut rontok sekaligus merangsang pertumbuhan rambut.

Untuk membuatnya, bahan yang Anda perlukan adalah dua buah kuning telur dan 3 sendok makan air jeruk nipis. Campurkan semua bahan dan aduk hingga rata. Pakailah masker di kulit kepala Anda. Kemudian lakukan pijatan lembut di atas kulit kepala dan rambut. Diamkan kurang lebih 15 menit, kemudian bilas rambut Anda dengan air dingin untuk hasil terbaik.

Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami Dengan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar